Breaking News

38 CPM MENERIMA HIBAH KOMPETITIF DARI PROGRAM YESS

 

 

 

 

Martapura – Sebanyak 38 CPM (Calon Petani Millenial) Kabupaten Banjar menerima bantuan modal atau hibah melalui Kompetitif Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) Tahun 2022.

Bantuan hibah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, dihalaman  kantor Bupati Banjar, usai apel gabungan, Senin (1/8/2022) pagi.

Penyerahan hibah oleh Wabup Banjar juga didampingi Sekda Banjar H.M. Hilman, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Kepala Bappedalitbang Banjar dan Manajer PPIU YESS Kalsel.

Bantuan Hibah Kompetitif sendiri merupakan intervensi Program YESS dalam rangka pengembangan usaha kaum petani muda dibidang pertanian agar tumbuh menjadi pengusaha dan pionir di wilayah masing-masing.

Melalui perencanaan pembangunan daerah yang telah diselaraskan dengan visi misi Kabupaten Banjar, salah satu upaya menekan angka pengangguran adalah menciptakan lapangan pekerjaan dan kewirausahaan di sektor unggulan daerah baik itu bidang pertanian, bidang perikanan, bidang industri kecil, dan usaha mikro.

Dengan adanya Program YESS diharapkan mendorong regenerasi petani melalui peningkatan kompetensi pemuda perdesaan, pengembangan wirausaha muda, dan fasilitas akses permodalan Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi.

Sampai bulan Mei 2022 Jumlah Calon Penerima Manfaat (CPM) Program YESS Kabupaten Banjar sebanyak 3.445 orang yang terdiri dari Laki-laki 2.991 orang dan Perempuan 1.154 orang. Adapun Program yang telah dilaksanakan pada tahun 2021 di Dinas Pertanian selaku District Implementation Team (DIT) Program YESS melalui swakelola tipe II yaitu pelatihan Proposal Bisnis, Literasi Keuangan, Start Up dan Bussines Motivation Pathway (BMP) dengan total penerima manfaat 1.460 orang. Dan pada tahun 2022 target pelatihan yang akan dilaksanakan sebanyak 2.000 orang terdiri dari pelatiahan Proposal Bisnis dan Literasi Keuangan.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar mengucapkan banyak terimakasih kepada Kementerian Pertanian melalui Kapusdiktan selaku NPMU dan SMK PP Negeri Banjarbaru selaku PPIU, yang telah mempercayakan Kabupaten Banjar melaksanakan program YESS. (Admin)